24 November 2006

Crossposting Is Suck!

Crossposting, mengirim email dengan topik dan isi yang sama (bahkan sama persis) ke beberapa mailing list sekaligus, adalah perbuatan yang hukumnya makruh dari pandangan mata batin para begundal IT.

Crossposting di ijinkan, jika, isi dari e-mail tersebut adalah informasi yang berguna bagi banyak orang. Misalnya informasi seminar, lowongan kerja, keadaan darurat dan lain-lain. Toh demikian, akan JAUH lebih baik jika di bagian pembuka e-mail dikasih tulisan "Maaf cross posting" ato semacam itu. Seperti yang biasa dilakukan oleh Pak Onno di beberapa milis yang saya ikuti.

Nah, bagian yang paling SUCK™ adalah saat crossposting yang berisi pertanyaan! Seringkali saya mendapati di beberapa milis yang saya ikuti, email dengan subject dan isi sama persis yang CUMA berupa pertanyaan "Kenapa ********* saya ***** ?"

Use the fuckin' Google kenapa sih? Kalopun nanya, CUKUP di SATU TEMPAT SAJA! Baru setelah tidak ada yang menjawab, silahkan nanya di milis yang lain.

Para pemula di dunia maya, SEHARUSNYA baca dulu tentang aturan main di dunia maya.

Pengen tau betapa BUSUKnya crossposting? Silahkan baca pendapat Kang Arjuna sual crossposting, tulisan kang Yulian tentang netiket, juga tulisan Mbak Suryaningsih tentang etike berinternet.

Nah, jika di gunung aja ngomong "Mbah, numpang pipis..", lalu kenapa tidak gunakan pemikiran yang sama saat maen internet?

3 comments:

Anonymous said...

Nduk nduk . . . kowe ki bocah wadon mbok rodo alus ngomonge. Ora pantes, saru toh nduk ngucap "Use the fuckin' Google", "Pengen tau betapa BUSUKnya crossposting?"

Ngono yo ngono ning ojo ngono.

Anonymous said...

crospossting is sucks, caps lock is sucks. ah, cuma miyabi yang ndak sucks.ahhaha..

internet juga punya etika, sayang ga semua orang bisa melakukannya.
(tau beginian sejak kenal internet jeng) ;)

oia, ada 1 lagi yang sucks.. capctha di bagian comment ini lho. malem2 gini mataku dah burem jeng. nebak2 wae lah :D

sandalian said...

@anon
wah, mas anon kok manggil nduk to? kula lare jaler mas, sanes estri :D

@tuing tuing
yah. sekalian blogspot sak, tootngil sak, ependi sak dan lain-lain kecuali miyabi :P